Visi Misi

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN PROGAM STUDI PENDIDIKAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Visi :

Terwujudnya layanan prima untuk menghasilkan insan cerdas, menguasai IPTEKS, berkepribadian dan berkarakter laut pulau.

Arti dan makna yang terkandung dalam visi tersebut:

  1. LAYANAN PRIMA adalah layanan yang efisien, efektif, adil, responsif, tanggap, transparan dan akuntabel sehingga memberikan kepuasan kepada pelanggan.
  2. INSAN CERDAS adalah individu yang memiliki kemampuan intelektual, inovatif, kreatif, adaptif, visioner.
  3. MENGUASAI IPTEKS  adalah individu (lulusan) yang memiliki wawasan menyeluruh tentang    ke BK an dan melaksanakannya  secara handal dalam praksis bimbingan      konseling di     sekolah dan di luar sekolah.
  4. KEPRIBADIAN EFEKTIF yang dimaksudkan di sini adalah kepribadian pendidik atau kepribadian guru bimbingan konseling/konselor seperti: jujur, tulus, empati,
  5. LAUT PULAU adalah sebuah konsepsi yang mengintegrasikan laut dan seluruh gugusan pulau-pulau yang ada disekitarnya sebagai satu kesatuan yang utuh dan terintegrasi. Maka konsep laut pulau adalah suatu kesatuan antara laut dan seluruh potensi baharinya, dalam kesatuan yang padu dengan seluruh potensi SDA,  SDM, potensi ekonomi, sosial budaya, dan modal sosial lainnya yang ada dalam seluruh gugusan pulau-pulau di Maluku.
  6. BERKARAKTER LAUT PULAU adalah individu yang memiliki kepribadian yang tangguh dicirikan dari keteladanan dalam bertindak dan berkarya, mentransformasikan budaya laut pulau dalam sikap, memuliakan laut, menjunjung tinggi identitas kemalukuan dalam penghargaan, revitalisasi nilai seni dan budaya serta IPTEK.

MISI :

  1. Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran untuk mempersiapkan tenaga pendidik (guru bimbingan konseling/konselor) yang profesional, berkepribadian efektif, dan memiliki karakter laut pulau
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dengan fokus pada bimbingan konseling yang memandirikan dengan aksentuasi laut pulau.
  3. Melaksanakan layanan prima dan tata kelola yang baik sehingga memberikan    kepuasan kepada pelanggan dan memberikan pencitraan yang baik kepada publik.

TUJUAN :

  1. Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran untuk mempersiapkan tenaga pendidik (guru bimbingan konseling/konselor) yang cerdas dan memiliki wawasan menyeluruh tentang bimbingan konseling (baik teori, praktek, dan praksis), berkepribadian konselor, serta berkarakter laut pulau untuk menjadi guru bimbingan konseling/konselor di sekolah dan di luar sekolah.
  2. Melaksanakan penelitian  dan pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dengan fokus pada bimbingan konseling yang memandirikan untuk kemajuan ilmu pendidikan dan kesejahteraan masyarakat luas.
  3. Melaksanakan layanan prima dan tata kelola yang baik sehingga memberikan kepuasan kepada pelanggan dan pencitraan yang baik kepada publik.

SASARAN :

žMenghasilkan lulusan yang dapat berkarya di masyarakat sesuai bidang ilmu Bimbingan dan Konseling.